Sumpah Pemuda

Kami putra putri Indonesia
Mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia.

Kami putra putri Indonesia
Mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra putri Indonesia
Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

itulah isi dari Sumpah Pemuda yang awalnya dibacakan pada waktu Kongres Pemuda yang diadakan di Waltervreden (sekarang Jakarta) pada tanggal 27-28 Oktober 1928 silam.
Apakah kita para pemuda generasi penerus bangsa sekarang ingat dengan sumpah tersebut ???? sedikit dari pemuda yang ingat dengan isi sumpah pemuda. Dan seiring berubahnya jaman, rasa persatuanpun kian terkikis. Bangsa Indonesia sebagai salah satu bangsa dari masyarakat internasional, memiliki sejarah serta prinsip dalam hidupnya yang berbeda dengan bangsa lain di dunia. Para pendiri negara menyadari akan pentingnya prinsip-prinsip dasar, yang diangkat dari filsafat hidup dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang kemudian diabstraksikan menjadi suatu prinsip dasar filsafat negara yaitu PANCASILA.
Eksistensi bangsa pada eraglobalisasi dewasa ini mendapat tantangan yang sangat kuat. Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam unsur etnis, ras, suku, kebudayaan dan agama. Oleh karena itu identitas nasional secara historis berkembang dan menemukan jati dirinya setelah SUMPAH PEMUDA dan dengan semangat para pemuda maka Indonesia memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945.
Dengan semangat SUMPAH PEMUDA, mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa !! jangan mudah terpropukasi hal-hal yang bisa memecah belah persatuan bangsa. Karena para pendiri negara dan para pejuang kemerdekaan telah mengorbankan jiwa raganya demi bersatunya pulau-pulau yang menjadi NKRI. Dan jangan hanya mengkritik pemeritah, namun kita juga harus memberi solusi. Siapapun pemimpin bangsa ini, bila tidak didukung oleh segenap elemen masyarakatnya maka negara ini tidak akan pernah bisa berubah menuju Negara Indonesia yang besar serta maju dengan rakyatnya yang makmur, aman, sejahtera dan tentram. Karena memimpin tidaklah mudah, mari dengan moment SUMPAH PEMUDA 28 Oktober 2010 "KITA BANGUN JATI DIRI PEMUDA INDONESIA SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA YANG MENJUNJUNG RASA PERSATUAN, KESATUAN, PERSAUDARAAN SERTA BELA NEGARA DEMI BANGSA DAN NEGARA INDONESIA AMAN ADIL SEJAHTERA".
mari kita bersatu demi INDONESIA TERCINTA....MERDEKA !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar