Dari Bali untuk Sumatera Barat


Dari Bali untuk Sumatera Barat

Terjadinya gempa tgl 30 September 2009 di Sumatera Barat, telah menyisakan duka tersendiri. Dan PMI Daerah Bali pun tidak tinggal diam, PMI bersama masyarakat menggelar aksi solidaritas, penggalangan dana/bantua, membuka posko dan rekening bantuan untuk masyarakt sumbar.
 Ngamen kemanusian bersama Nanoe Biroe, Jalan Santai “Melangkah Bersama Membangun Senyum di Sumatera”, Audensi/tatap muka dan kerjasama.
Dan pengiriman relawan PMI Daerah Bali dan PMI Cabang se Bali, perekrutan relawan melalui seleksi dan pembekalan relawan, persiapan dan keberangkatan tim. Relawan PMI Bali dibagi menjadi beberapa tim lagi, Relief Distribusi, Asessment, Logistik, Keuangan, Reporting dan infokom, Selther.
Di lokasi (Sumbar) tim relawan PMI Bali bertugas di PMI Cab. Kabupaten Agam dan PMI Bali adalah PMI pertama yang bisa masuk/membuka akses di Agam dan membangun tenda sebanyak +/- 2500 tenda keluarga bagi KK yang rumahnya hancur/rusak akibat gempa.
Setelah selesai penugasan relawan PMI Bali pun kembali ke bali, namun sebelum para relawan pulang ke rumahnya masing-masing, mereke mendapatkan Debreifing Psikologis dan Debreifing Penugasan.
Sebanyak 32 relawan terlatih PMI Daerah Bali yang dimobilisasi untuk operasi Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Sumbar. Dan mereka terbagi dalam 4 kali pengiriman :
Tim Satu (07 s.d 17 Okt. 2009) : Kt Suardana, H. Bambang, Wyn Ariawan, Binda Karmita, Made Mita, Kadek Ardip, Jidon Rahanra, Tjok De Kur, Cahyaningsih, Hendra Bendesa, Gede Sudiartha, Budi Suharjo.
Tim Dua (18 Okt. S.d 01 Nov. 2009) : Mahendra Gautama, Lokayasa, Edi S, Agus Mahendra, Kade Sudiartha, Eko Tirta, Zein, Daud Puji, Eka Wijaya, Mekar, Sumadi, Sanjan, Wahyu Pramana, Eko W, Sassu, Laksana, Sumardika.
Tim Tiga (04 s.d 20 Nov. 2009) : Taufan Kristanto dan Moh. Aminin
Tim Empat (18 Nov. S.d 04 Des. 2009) : I Komang Widiada.
Dan bantuan dari hasil penggalangan dana terkumpul “Bantuan Masyarakat Bali” sebesar Rp. 79.900.000,-. Bantuan tersebut akan diperuntukkan untuk program Hunian Sementara (Huntara) PMI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar